Tempat Sejarah dan Wisata di Tanah Suci


Ketika kita melaksanakan ibadah umroh ataupun haji ke tanah suci, berarti kita sedang fokus pada napak tilas perjalanan perjuangan agama Islam. Selain menjalankan rukun-rukun ibadah yang telah ditentukan oleh syariat, kita juga bisa mengunjungi tempat-tempat yang menjadi objek wisata sekaligus menambawah wawasan dan pengetahuan tentang peradaban Islam dari dahulu hingga saat ini.

Untuk itu rasanya ada yang kurang ketika kita berada di tanah suci untuk beribadah umroh ataupun haji tidak mengunjungi tempat bersejarah dan objek wisata
tersebut.

Apa saja itu ? Berikut ulasannya :
  1. MASJID NABAWI

    Masjid-Nabawi

    Masjid Nabawi adalah salah satu masjid terpenting dan menjadi icon umat Islam. Terletak di Kota Madinah-Arab Saudi. Masjid ini dibangun langsung oleh Nabi Muhammad SAW ketika berada di Madinah dan menjadi tempat makam beliau dan para sahabatnnya.

    Masjid ini merupakan salah satu masjid yang utama bagi umat Muslim setelah Masjidil al-Haram di Mekkah dan Masjidil Aqsha di Yerusalem-Palestina. Masjid ini juga merupakan masjid terbesar kedua di dunia, setelah Masjidil Haram di Mekkah. Sholat dimasjid ini mendapatkan berbagai keutamaan didalamnya.

  2. RAUDHAH

    Pintu-Raudah

    Raudhah (taman surga) ini sebutan yang terkenal dari tempat ini. Raudhah meruapakan salah satu bagian dari Masjid Nabawi. Ketika kita memanjat do’a (berdoa’a) dari Raudhah ini diyakini akan dikabulkan oleh Allah SWT.

    Raudhah terletak di antara mimbar dengan makam (dahulu rumah) Rasulullah. Oleh Abu Hurairah, bahwa Nabi SAW pernah bersabda (yang artinya) : “Tempat yang terrletak diantara rumahku dengan mimbarku merupakan suatu taman di antara taman-taman surga, sedang mimbarku itu terletak di atas kolamku.” (HR. Bukhari)

  3. PADANG ARAFAH

    Arafah

    Arafah merupakan sebuah nama padang pasir yang tandus dan gersang, dikelilingi oleh berbukitan batu tanpa air dan tanpa kehidupan. Ketika melaksanakan rukun Haji, umat Islam mendatangi tempat ini (Arafah). Selama 1-2 hari setiap tahunnya, berjuta-juta umat Islam dari berbagai belahan dunia di bumi Allah mendatangi tempat ini untuk wukuf yang menjadi salah satu rukun ibadah haji, yaitu pada 9-10 Dzulhijah.

    Arafah menjadi sangat penting, dikarenakan menjadi miniatur dari padang Mahsyar di akhirat nantinya. Rukun haji yang ini tidak bisa tergantikan artinya wajib harus dilalui.

  4. JABAL RAHMAH

    Tempat-Sejarah-Wista

    Jabal Rahmah sering disebut juga dengan “Bukit Kasih Sayang”. Disana merupakan salah satu tempat yang patut didatangi bagi para peziarah yang berkunjung (dengan Haji atau Umroh) ke Tanah Suci-Jazirah Arab. Di tempat inilah pertama kali pertemuan antara nabi Adam dan Hawa setelah mereka dikeluarkan dari Syurga oleh Allah. Ditempat ini diyakini sebagai tempat yang afdol untuk memanjat do’a, terutama memohon mendapat jodoh.

    Oleh karena itu tidaklah begitu heran jika kawasan ini selalu dipenuhi oleh jamaah. Bagi kaum muda yang belum menemukan jodoh sangat cocok untuk berdo’a disini. Maka dari itu umroh bagi kaum mudah itu ada baiknya.

  5. MINA

    Tenda-Mina

    Mina adalah suatu tempat dengan sebuah lembah di padang pasir yang terletak di sekitar ±5 km kearah Timur kota Mekkah-Arab Saudi. Mina sendiri terletak di antara Mekkah dan Muzdalifah. Tempat ini biasa disebut dengan “Kota Tenda”, karena didalamnya banyak terdapat tenda-tenda untuk jutaan jemaah haji ataupun umroh dari seluruh dunia. Tenda-tenda tersebut tetaplah ada meskipun musim haji telah selesai. Kegiatan melempat jumrah dalam ibadah haji dilakukan di Mina.

  6. GUA TSUR

    Gua-Tsur

    Gua Tsur menjadi tempat bersejarah dalam perjuangan Rasulullah SAW dalam menegakkan agama Islam. Pada zaman dahulu, kaum kafir yang mengejar Rasulullah saat itu tertipu ketika berada di gua ini, semua itu berkat pertolongan Allah SWT. Rasul bersembunyi didalam gua tersebut oleh laba-lab dibuatlah sarang dimulut gua serta burung merpati yang sedang bertelur disana.

    Orang-orang kafir tersebut mengambil keputusan bahwa tidak mungkin ada orang yang memasuki kedalam gua tsur tersebut, karena bantuan laba-laba dan merpati tadi tentunya dari Allah, akhirnya mereka memutuskan penghentian pengejaran dan kembali ke Mekkah. Padahal sebenarnya Nabi bersama sahabatnya Abu Bakar berada didalam gua tersebut.

  7. GUA HIRA

    Gua-Hira-Sejarah

    Di Arab Saudi terdapat gunung Hira, nah pada gunung tersebut terdapat cela yang sempit. Celah itulah yang dikenal dengan Gua Hira hingga saat ini. Terletak disebelah Timur Laut Mekkah, pada jalan menuju Ji’ronah. Disinilah Rasulullah SAW bertafakur menyendiri. Sejarah kenabiannya dimulai pada gua inilah, ketika itu Rasulullah menerima wahyu yang pertama dari Allah dan sekaligus dinobatkan sebagai Rasul bagi seluruh umat manusia.

  8. MASJID QUBA

    Masjid-Quba-Sejarah

    Pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba, Rasulullah SAW membangun masjid pertamanya yaitu Masjid Quba, terletak sekitar ±5 km di sebelah tenggara kota Madinah-Arab Saudi. Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa Masjid Quba adalah masjid yang dibangun atas dasar ketaqwaan (QS At-Taubah:108)

  9. JABAL UHUD

    Uhud-Sejarah

    Jabal Uhud atau disebut juga dengan Bukit Uhud merupakan sebuah bukit yang terletak di utara kota Madinah dengan ketinggian sekitar ±1.077 meter. Bukit ini menjadi lokasi pertempuran kedua antara umat muslim zaman dahulu dengan pasukan musyrikin di Mekah, yang dikenal dengan pertempuran Uhud. Pertempuran ini terjadi pada 23 Maret 625 Masehi, Sekarang tempatnya tepat di Barat Laut Jazirah Arab.

  10. MASJID TERAPUNG

    Masjid-Terapung-Sejarah

    Masjid Terapung lebih identik dengan air (laut). Benar saja masjid ini disebut juga dengan Masjid Rahmah atau masyarakat Jazirah Arab mengenalnya dengan sebutan Masjid Jami’ At-Taubah, berlokasi dekat dengan bibir pantai laut merah, Jedah.

    Posisi masjid ini tepat di atas laut merah. Bila laut sedang pasang, maka masjid pun akan dikelilingi air laut, layaknya seperti masjid yang sedang terapung. Namun apabila air laut sedang surut, maka akan terlihat pondasi-pondasi yang menyangga masjid itu.

  11. MASJID QISHOSH

    Masjid-Qisos-Sejarah-WisataPlusUmroh

    Masjid Qishash ialah sebuah masjid biasa pada umumnya, terletak di kawasan Balad Jeddah-Arab Saudi. Persisnya di sebelah barat kantor sekretariat Kementerian Luar Negeri Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, yang baru didirikan.

    Di depan masjid Qishash ini dipagari dan di tengah-tengahnya terdapat lantai dengan ketinggian sekitar ±30 cm berukuran panjang dan lebar kurang lebih 6×6 meter dengan keramik warna putih. Disini merupakan tempat dilakukannya hukum Qishash, yaitu suatu pelaksanaan eksekusi hukuman bagi seseorang terpidana.
Demikianlah ulasan singkat tentang tempat bersejarah dan objek wisata di Jazirah Arab yang wajib kita kunjungi jika memungkinkan ketika berada ditanah suci, baik sedang beribadah haji maupun umroh.
Lihat informasi Paket Umroh Tahun 2017
Semoga tulisan singkat dan uraian pendek diatas menambah semangat dan wawasan kita untuk mempersiapkan diri menuju kota kelahiran Rasulullah SAW tersebut.
Privacy Disclaimer Sitemap

© 2016 Travel Resmi Supported by: Blogger