Faktor-Faktor Penentu Biaya Umroh


Sebelum kita merencanakan jadwal keberangkatan untuk ibadah umroh, biasanya yang paling utama kita cek adalah biayanya sendiri. Wajar saja, karena biaya merupakan faktor yang penting untuk menjadi pertimbangan kita dalam memilih paket umroh yang akan kita ambil.

Mungkin sebagian dari kita ada yang sudah pernah bahkan sering umroh ke tanah suci, bagi mereka biaya tidaklah termasuk hal yang penting lagi. Pengalaman mereka telah lebih memahami akan rincian biaya yang biasa digunakan baik sebelum keberangkatan sampai kepulangannya.

Namun tidak sedikit juga dari kita yang belum mengetahui, apa saja yang membuat biaya umroh itu sedemikian rupa nomimalnya.

Untuk itu berikut kami sampaikan secara singkat apa saja yang menjadi faktor penentu biaya umroh :
  1. Maskapai penerbangan

    Faktor-Penentu-Biaya-Umroh

    Setiap travel umroh selalu memberikan pilihan paket include dengan pesawat yang akan digunakan. Penerbangan ini menjadi faktor utama dalam keberangkatan jamaah umroh.

    Ketika memasuki musim umroh (peak session) misalnya mendekati musim haji atau bulan ramadhan, peminat untuk beribadah ke tanah suci biasanya menjadi sangat tinggi. Pihak maskapai biasanya menaikan tarifnya bisa sampai 40% dibanding musim lainnya.

    Namun hal tersebut juga berpengaruh juga terhadap rute yang akan dilalui. Apakah penerbangannya Transit atau Direct.

    Hal ini ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika penerbangannya Transit, biayanya sedikit lebih murah akan tetapi waktu tempu perjalanan akan terasa lama dan melelahkan.

    Berbeda ketika penerbanganya Langsung (Direct), biayanya memang lebih mahal dibanding Transit. Namun, perjalanan kita berlangsung cepat dan bisa kita manfaatkan sebaik mungkin untuk langsung fokus pada ibadah.

    Penerbangan yang langsung ini sangat cocok bagi kita jamaah yang sudah berumur, karena tidak memakan waktu terlalu lama dan tenaga tidak terkuras dalam perjalanan.

  2. Hotel penginapan

    Faktor-Penentu-Biaya-Umroh

    Hotel menjadi salah faktor penentu biaya umroh juga. Hotel yang digunakan selama berada di tanah suci bermacam-macam kelasanya, mulai dari bintang 5 hingga bintang 3. Ini dipilih oleh jamaah sesuai paket yang mereka ambil pada travel umroh yang mereka gunakan.

    Selain kelas (Bintang) yang membedakan harga/biaya, jarak antara hotel dengan masjid juga menjadi penentu mahal atau tidaknya penginapan yang kita gunakan. Semakin dekat dengan masjid (Nabawi atau Haram) maka biaya hotelnyapun semakin mahal, begitu juga sebaliknya.

  3. Visa Umroh

    Faktor-Penentu-Biaya-Umroh

    Visa merupakan dokumen penting untuk memasuki wilayah negara lain. Setiap negara berbeda-beda dalam menentukan biaya visa. Begitu juga ketika kita beribadah umroh/haji, Arab Saudi tela menetapkan standar visanya tersendiri. Tapi jangan khawatir, pihak travel yang bisa mengurus semuanya dan sudah termasuk dalam paket biaya umroh yang kita pilih

  4. Transportasi

    Faktor-Penentu-Biaya-Umroh

    Selama kita beradah di tanah suci (Mekkah dan Madinah) kita akan melakukan rutinitas ibadah yang telah ditentukan sesuai rukunnya. Dalam prosesi umroh kita bisa berziarah ke islami di kota Mekkah dan kota Madinah. Ini menggunakan transportasi darat (bus) untuk mengangkut para jamaah. Transportasi mempermudah aktifitas dan memberikan rasa nyaman saat dalam perjalanan. Misalnya dari Madinah ke Mekkah (4 Jam). Semakin sering kita menggunakan transportasi ini, maka biaya yang kita keluarkan akan semakin besar

  5. Iklim di Arab Saudi

    Faktor-Penentu-Biaya-Umroh

    Cuaca (Iklim) sebenarnya juga mempengaruhi biaya umroh. Jazirah Arab yang seperti kita ketahui beriklim gurun. Pada saat cuaca yang sedang bersahabat (baik) peminat umroh biasanya sangat banyak dan ini tentunya menjadikan biaya umroh sedikit lebih meningkat dibandingkan pada saat musim panas. Pada saat musim panas dengan suhu yang tinggi jamaah lebih sedikit datang untuk beribadah, sehingga biaya juga lebih murah


  6. Pendukung lainnya

    Faktor-Penentu-Biaya-Umroh

    Selain 5 point diatas, ada faktor pendukung lainnya yang juga mempengaruhi biaya umroh. Diantaranya margin (profit) pihak travel, peralatan perlengkapan ibadah, biaya manasik, buku do’a, kain ihram, tas koper dan lain sebagainya yang dibutuhkan sendiri oleh jamaah.


  7. Dari beberapa komponen penentu biaya tersebut diatas, pihak penyedia jasa travel umroh mulai mengkalkulasikan serta mengkombinasikan semua faktor tadi menjadikan paket-paket yang disesuaikan.

[Baca juga Jadwal Umroh 2017]

Dari sinilah terciptalah paket-paket umroh pilihan. Ada paket umroh promo, paket hemat, paket standar hingga paket VIP. Setelah kita mengetahui sedikit akan hal ini, kembali lagi ke jamaah sendiri. Paket mana yang akan kita pilih disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

Namun terlepas dari semua faktor biaya tersebut, yakinlah bahwa beribadah kepada Allah dengan penuh keikhlasan dan keridhoan tidak akan memiskinkan kita. Karen Allah yang Maha Kaya akan memberikan balasan dengan yang lebih baik serta berkah.

Semoga Allah mempermudah dan memperlancar niat ibadah kita. Aamiin!
Privacy Disclaimer Sitemap

© 2016 Travel Resmi Supported by: Blogger