Sejarah Ka'bah dan Kota Suci Mekkah

Mekkah-Kakbah-Baitullah

Mekkah merupakan salah satu dari dua kota suci di Jazirah Arab, sebuah kota yang sangat penting bagi kaum Islam diseluruh penjuruh dunia. Dikota ini terdapat masjid terbesar didunia, yaitu Masjid Al-Haram. Di dalamnya terdapat Ka’bah, dengan strutkur bangunannya berbentuk kubus (persegi). Ka’bah dibangun pada masa kenabian Ibrahim a.s. Di kota ini juga tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW yang bertepatan pada 12 Rabiul Awal tahun Gajah sekitar 571 Masehi.

Lahirnya nabi disebut tahun Gajah dikarenakan pada saat itu bangunan suci (Ka’bah) diserang oleh bala tentara Abrahah-Yaman, mereka berniat akan menghancurkannya. Namun dengan menggunakan kekuasaan-Nya, Allah SWT menggagalkan aksi mereka dengan cara mengirim pasukan serang “Burung Ababil” yang dipersenjatai batu-batu dari neraka.

Sesuai dengan Firman Allah dalam Surat Al-Fiil :

أَلَمۡ تَرَ كَيۡفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصۡحَـٰبِ ٱلۡفِيلِ (١) أَلَمۡ يَجۡعَلۡ كَيۡدَهُمۡ فِى تَضۡلِيلٍ۬ (٢) وَأَرۡسَلَ عَلَيۡہِمۡ طَيۡرًا أَبَابِيلَ (٣) تَرۡمِيهِم بِحِجَارَةٍ۬ مِّن سِجِّيلٍ۬ (٤) فَجَعَلَهُمۡ كَعَصۡفٍ۬ مَّأۡڪُولِۭ (٥)

Artinya : “Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia? dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat)”

Kota Mekkah dianggap sebagai kota suci, dikarenakan dikota ini merupakan tempat lahirnya nabi akhir zaman (Muhammad), agama yang sempurna (Islam) dan wahyu yang suci (Al-Qur’an). Ketiganya menjadi pedoman hidup manusia.

Sehingga kita tidak heran, sampai saat ini Mekkah menjadi salah satu tujuan wisata ibadah yang paling disukai oleh umat muslim dari berbagai belahan dunia di bumi Allah ini.

Mekkah disebut juga Bakkah. Bakkah merupakan kota yang didirikan oleh nabi Ismail a.s. Sering kali kaum Yahudi dan Nasrani mempermasalahkan nama Bakkah sebagai kota Mekkah saat ini yang telah tercantum dalam Al-kitab.
Padahal Allah SWT telah menceritakan ini dalam firman-Nya QS-Ali Imran Ayat 96 :

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِلْعَالَمِينَ

Artinya : “Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia”

Namun Allah memberikan pembuktian, selain telah dijelaskan sangat jelasa dalam Al-Qur’an tentang kebenaran Bakkah itu adalah Mekkah. Melalui kitab kuno Samaria “Asatir the Secret of Moses” Capter VIII [Birth of Moses] dalam kitab tersebut jelas sudah bahwa Bakh/Bakkah merupakan kota Mekkah yang diceritakan oleh Allah dalam Al-Qur’an (al-kitab).

Dengan kesucian yang dimiliki oleh Mekkah yang terdapat Baitullah (Ka’bah) didalamnya, hingga saat ini dan kekal abadi menjadi Arah Kiblat seluruh umat manusia. Dan tak heran, dikota kelahiran nabi ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang datang untuk beribadah haji ataupun umroh. Mereka sangat mendambakan dan selalu merindukan untuk berziarah sekaligus memperbanyaka amalan ibadah di Mekkah Al-Haram.

Demikianlah sejarah dan cerita singkat mengenai kota suci Mekkah. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan keislaman kita.

Maha Suci Allah!!! Semoga Kita Selalu diberikan kesehatan dan kekuatan iman, sehingga bisa ikut merasakan suasana di kota yang suci ini (Mekkah) bersama saudara-saudara kita diseluruh jaga bumi raya ini. Aamiin YRA
Privacy Disclaimer Sitemap

© 2016 Travel Resmi Supported by: Blogger